Tuesday 1 March 2016

Step Injection (2)

STEP INJECTION (2)


Hari ini saya akan lanjutkan mengenai pembahasan tooling injection stretch blow di step injection.

Sebagaimana kita telah ketahui bahwa bahwa di step injection (1) kita butuh beberapa part untuk membuat PREFORM. Berikut pemaparan fungsi part-part tersebut:

INJECTION MOLD 

Injection mold adalah tempat dimana preform akan dibuat. Disini ada injection cavity dan hot runner. Injection cavity ini berada di bawah dan membentuk dinding luar preform. Jumlah injection cavity tergantung dari volume botol dan bentuk botol. Bila volume botol sekitar 1Lt maka jumlah cavity sekitar 5. Jumlah cavity juga tergantung dari kapasitas mesin juga. Semakin kecil volume botol bisa semakin banyak jumlah cavitynya. Hot runner adalah tempat material mengalir sebelum masuk ke injctuon cavity. Disini ada hot runner block dan hot runner nozzle.

Injection core

Injection core adalah pasangan dari injection cavity. Injection core berada di bawah dan membentuk dinding bagian dalam preform. Jumlah injection core sesuai atau sama dengan jumlah injection cavity karena merupakan satu pasangan bersama dengan lip cavity.

Lips cavity

Lips cavity ini berguna untuk membentuk mulut botol. Seperti pernah saya tulis mulut botol bisa dipasangkan cap dengan ulir atau flip top. Jumlah lips cavity mengikuti jumlah dari injection cavity dan injection core.

Selanjutnya akan saya lanjutkan penjelasan step selanjutnya pada proses injection stretch blow.

Terima kasih semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.