Friday 19 February 2016

Material PET

Melanjutkan postingan  saya sebelumnya kita akan membahas material yang dipakai di proses injection stretch blow. Kita ketahui dari jenis material plastik ada 2 jenis, dari jenis tersebut yang bisa dipakai untuk membuat botol plastik adalah jenis thermoplastik. Jenis thermoplastik sendiri ada banyak contoh dan yang biasa dipakai di proses injection stretch blow adalah PET atau PETE, kepanjangannya adalah polyethylene terephthalate. Material ini memiliki simbol daur ulang angka 1.


Material PET terdiri dari rangkaian monomer-monomer yang membentuk polimer. Oleh karena itu material PET dapat di daur ulang, tapi untuk kemasan makanan, miniman dan farmasi sebaiknya material ini hanya untuk sekali pakai.

Material PET yang merupakan polimer memiliki ukuran yang disebut dengan IV (instrinsic viscosity). Nilai IV inilah yang menentukan nilai atau grade dari material PET. Nilai IV dalam satuan ml/g, nilai IV yang lebih tinggi berarti material tersebut semakin baik dan semakin mudah untuk di proses.

Demikian pembahasan saya pada hari ini, semoga bermanfaat.

www.injectionstretchblow.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.