Wednesday 16 March 2016

Hating core / conditioning core ( step conditioning )

HEATING CORE / CONDITIONING CORE ( STEP CONDITIONING )



Hari ini saya akan jelaskan mengenai  fungsi dan kegunaan heating core / conditioning core di proses conditioning.

Fungsi conditioning core / heating core.

Conditioning core / heating core berfungsi untuk mengatur ketebalan dinding botol dan menjaga agar preform tetap lurus. Ada dua pemanas yang digunakan pada part ini, karena perbedaan pemanas ini maka namanya juga dibedakan. Berikut penjelasannya:

1. Conditioning core


Conditioning core menggunakan cairan sebagai media pemanasnya, karena menggunakan cairan maka diperlukan yang namanya MOLD THERMO CONTROL (MTC). Mtc ini yang berfungsi untuk mengatur berapa suhu yang akan kita gunakan untuk memanaskan heating core.

Banyak merk mtc yang ada dipasaran, kita bisa pilih tergantung dari keperluan kita. Cairan yang digunakan pun ada 2 pilihan yaitu oli atau air. Bila kita ingin sedikit melakukan maintenance pada mtc kita saya sarankan gunakan mtc yang menggunakan oli, karena oli tidak akan membuat karat pada conditioning core dan selang. Kalau menggunakan air sebaiknya kitab harus rutin melakukan preventive maintenance untuk mengecek karat pada conditioning core dan pada selang.


2. Heating core


Heating core menggunakan heater sebagai alat untuk pemanasnya. Pada mesin ada socket yang terhubung ke control di mesin yang mengatur berapa temperatur heater pada heating core. Heater pada heating core ada yang panjang dan ada juga yang pendek tergantung pada kebutuhan dan bentuk produk.

Mold maker atau pembuat mold biasanya sudah memikirkan harus menggunakan heting core atau conditioning core.

Demikian penjelasan saya mengenai heating core dan conditioning core. Terima kasih semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.